DNI Updates

Apa itu konveksi baju?

 

Konveksi baju adalah sebuah industri kecil skala rumah tangga yang memproduksi pakaian secara massal, seperti kemeja, seragam, kaos, polo shirt, dan lain sebagainya. Bisnis konveksi memproduksi pakaian dalam partai besar sesuai permintaan pasar. Tujuan dari bisnis konveksi adalah memperoleh keuntungan dan pemasukan usaha kopma, serta memperbesar relasi dan usaha konveksi agar dapat dikenal di seluruh masyarakat luas.

Dalam proses produksi konveksi, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar produksi tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Tahapan-tahapan tersebut antara lain adalah menyiapkan material, perencanaan pola, proses memotong kain, setting aplikasi, proses aplikasi, proses jahit, quality control, steam, dan packing.

Dalam tahap menyiapkan material, kita harus mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan, seperti kain, benang, kancing, dan material konveksi lain yang dibutuhkan, mengikuti desain produk konveksi yang akan dibuat. Setelah itu, dalam tahap perencanaan pola, kita akan menentukan rancangan dari pakaian yang akan dibuat menggunakan program komputer seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw dan program lainnya.

Setelah itu, dalam tahap proses memotong kain, kita akan melakukan pemotongan kain yang sesuai dengan perencanaan, misalkan pemotongan kain untuk dasar pakaian, saku dan atribut lain yang dibutuhkan. Selanjutnya, dalam tahap setting aplikasi, kita akan melakukan setting aplikasi yang digunakan, seperti sablon ataupun bordir.

Setelah itu, dalam tahap proses aplikasi, kita akan melakukan penerapan dari setting aplikasi yang telah dilakukan ke dalam pakaian, menggunakan mesin yang sesuai dengan aplikasi yang digunakan. Kemudian, dalam tahap proses jahit, kita akan menjahit pakaian sesuai dengan pola yang telah dibuat.

Setelah proses jahit selesai, maka harus dilakukan proses quality control. Proses ini adalah sangat penting mengingat bahwa kita memproduksi pakaian sesuai dengan keinginan konsumen, maka hasil produksi harus sesuai dengan keinginan konsumen. Jika proses quality control ini tidak sesuai keinginan, maka harus mengulang langkah-langkah tertentu dalam proses produksi konveksi.

Setelah proses quality control selesai, kita akan melakukan proses steam untuk mendapatkan kerapihan dan hasil yang lebih sempurna. Proses steam ini menyempurnakan proses produksi konveksi. Setelah itu, packing dapat dilakukan menggunakan bahan tertentu seperti plastik pakaian ataupun bahan yang sesuai dengan image yang ingin ditunjukan usaha konveksi.

Meskipun bisnis konveksi terlihat mudah dan sederhana, namun proses produksi yang terbilang rumit membutuhkan keterampilan dan pengalaman. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis konveksi, pastikan Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang cukup serta memiliki strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan penjualan produk.

0 Komentar

Video

INFO PRESENTASI DNI

INFO PRESENTASI DNI
PRESENTASI BY CANVA

Type and hit Enter to search

Close
admin

Kontak Resmi DNI

Alamat DNI Kompleks PPI Jl. Yudhawastu Pramuka II No H-39 Kota Bandung 40121

Hubungi Kami